Jumat, 02 Mei 2014

TARI BALEAN DADAS

ImageKesenian dan budaya Indonesia memang tak ada habisnya. Banyak suku berbudaya tersembunyi yang masih dipertahankan dibalik menjulangnya bangunan pencakar langit negeri ini. Dayak, salah satu suku yang memiliki budaya terbanyak di Indonesia. Salah satunya berupa Tarian Balean Dadas. Asing didengar memang.
Balean Dadas merupakan tarian asli Kalimantan Tengah. Tarian ini ditujukan untuk memohon kesembuhan bagi masyarakat yang sakit. Para penari Balean Dadas dengan memakai pakaian adat dayak yang khas penuh warna seperti hitam, putih, merah, hijau, dan kuning melakukan tarian Balean Dadas untuk memohon kesembuhan kepada Ranying Hatala langit (Tuhan) bagi mereka yang sakit. Selain itu, biasanya seorang dukun perempuan atau Balean Dadas ikut dalam tarian ini.

Saat ini, tarian Balean Dadas lebih banyak dilakukan pada saat acara-acara penyambutan atau peresmian. Hal ini mengingat bahwa dengan kemodernan proses menyembuhkan bisa dilakukan dengan cara yang lebih ilmiah. Akan tetapi kegiatan tarian Balean Dadas ini masih dilakukan oleh suku Dayak pedalaman.



 http://chemember.wordpress.com/2013/11/28/balean-dadas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar